<<<< DOWNLOAD GRATISSS !!!
Salam Pembaca…
Apa maksud Air Purging?.Ketika anda memasang Air Condition(AC) baru. Maka sebelum AC di Gunakan
Maka AC tersebut perlu di Purging dulu…yaitu membersihkan udara pada evaporator (indoor)
dan pipa2 penghubung antara Indoor dan Out Door.Sehingga didalam evaporator
murni hanya berisi gas refrigerant
(Freon).
Sebab kalau tidak ,udara biasa ini bisa mengganggu proses
sirkulasi gas Refrigerant didalam pipa2 Ac tersebut.(akan bisa menyebabkan adanya air bahkan mungkin pembekuan air tsb.
Karena perbedaan Karakter Udara dengan karakter Gas Refrigerant yang digunakan).
Pada umumnya ketika anda beli AC split baru, Ac tersebut
telah berisi Gas refrigerant yang berada
di kolector Out Door unit juga di pipa2 sampai valve2 out Door tsb. Oleh
karenanya Valve2 /Kran2 ini dalam keadaan In Shipping yang biasanya disegel agar tidak bisa dibuka
kecuali oleh teknisinya ketika AC tsb mahu di pasang/digunakan. Yaitu ketika
prosedur purging mulai di kerjakan.
Dibawah ini saya posting cara purging yang simple untuk
tambahan pipa2 penghubung sekitar 4 e/d 6m.
Sedang untuk penyambungan pipa2 penghubung diatas 10m bisa
pakai cara kedua. Inipun tergantung saran di Katalog yang biasanya
disertakan di Box Out Door tsb, Juga termasuk spect maesin AC tsb.
Untuk mengetahui batasan panjang pipa tambahan serta ,rating
current amper maupun juga Start amper juga diterangkan secara lengkap di
Katalog ini bahakan untuk current amper
serta start amper selalu tertulis di plat mesin Outddor unit tsb. Adanya keterangan
start amper maupun cureentt amper/run
amper. Berguna diketahui agar anda bisa menyesuaikan kapasitas listrik dari
jaringan PLN di rumah anda atau dimana AC tsb akan di pasang.
Start amper apa maksudnya? Start amper ialah arus listrik
yang akan tepakai ketika 1 atu 2 detik ketika mesin AC tersebut mulai di starting/ dinyalakan. Tinggi start amper bisa
beberapa kali diatas Run amper. Oleh karenanya bila kapasitas Mcb di jaringan
listrik yang dipakai tak mencukupi .akan
menyebakam MCB tsb trip.
Run amper apa maksudnya? Run amper adalah Arus yang
digunakan untuk kompresor ketika
kompresor berjalan normal. Run amper
pada AC split juga bisa digunakan untuk mendeteksi apakah berat Freon/refrigerant
didalam system normal, kurang atau lebih. Ketika anda mengukur tinggi amper
ketika mesin berjalan dengan arus Amper lebih tinggi dari arus amper yang
tertulis di plat mesin, bisa diartikan bahwa Freon didalam sitem tersebut
terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya : bila arus amper yang anda ukur terlau
rendah berarti Freon/refrigerant didalm system tsb kurang anda bisa menabahinya
melalui charge valve… juga bisa menguranginya pakai charge valve ini, tentunya
dengan procedure yang benar ketika menutup dan membuka charge valve ini. Kalau
anda menambah Freon system harus dalam
keadaan OF. Tapi kalau mengurangi Freon boleh saat mesin dalam keadaan berjalan… Untuk hal ini
akan saya jelaskan di postingan lain. Untuk kali ini saya hanya kosentrasi pada
bab cara Purging pada AC jenis Split.
Dibawah ini adalah gambar Diagram Intalasi AC Split.
Untuk Prosses Air Purging cara nya sbb:
1. Buka Valve Port A..Valve Port B tetap tertutup.
2. Anda hanya harus kendorkan Cap Port charge B…. Udara akan
keluar dari Port ini karena dorongan Gas refrigerant. (kira-kira 15 atau 20 detik kencangkan kembali Cap port charger
tsb/flare nut)) kemudian test kebocoran pipa pakai busa dan air sabun. Kalau cap tadi tidak Bocor, juga sambungan2
valve tidak bocor proses AirPurging selesai. Anda bisa menghidupkan AC anda.
Dabawah ini adalah Posisi buka/tutup Valve port dalam
Kondisi masing2.
Valve Poort Gambar 1a. Adalah kondisi Service Valve saat Out Door unit pada waktu Shiping atau Packaging .Yaitu semua valve port dalam keadaan tertutup...didalam Out Door sudah berisi Cairan.gas Refrigerant.
Wide Tube: adalah pipa Refrigeran yang lebih besar.
Narrow Tube:adalah pipa refrigerant kecil;
Gambar.2 (Fig 44-B)
Valvre Port Gambar 2 :Adalah Kondisi ValveService saat Ac sudah dijalankan atau Operasioning .Yaitu semua valve port telah terbuka dan Cap Charge Port dalam keadaan tertutup.
Gambar 3. (Fig.44-c }
Valve Port Gambar 3 Adalah posisi Valve service dalam keadaan Sedang mengisi Refrigerant.(Freon) Melalui Charge Port. Disini Cap Charging di ganti dengan Pipe Conektor.
Gambar 4.(Fig44-d)
Valve Port Gambar 4 Adalah posisi Valve service dalam keadaan Sedang prosses air purging.. Udara
keluar melalui Charge Port. Disini Cap Charging di kendorkan agar udara bisa keluar.
Untuk Prosses Air
Purging Cara kedua. : lihat gambar dibawah ini
Untuk Prosses Air
Purging Cara kedua.Langkahnya Sbb:
Lihat sket gambar di atas
Kendorkan Cap charge Port A… Semua valve Servise dalam kadaan tertututp. Buka Kran atau valve
Tabung Preon.. R22 . Udara akan keluar melalui Cap port A biarkan selama kurang
lebih 10 atau 15 detik. Setelah cukup Kencangkan
kembali Cape port A.Bersamaan dengan menutup kran/valve tabung Freon. Test
kebocoran daerah Cap dan sambungann2. Dengan Busa dan air sabun. Kalu tidak ada
yang Bocor Buka/open port valve B agar Cahrge valve Tertutup ..Seperti Posisi gambar Valve Port no 2. dibawab ini
Pasang lagi cap2 yang tadi dilepas...
Prosses Purging selesai.
Sekian mudah2 an berguna untuk anda . tolong Share ke Face book bila anda punya account FB atau G+
Silahkan Koment di kolom Komentar.
Sallam:Gumilar
Gratis Bonus $ 50 (usd) Program Afilasi DomainIt >>>>
Gratis Bonus $ 50 (usd) Program Afilasi DomainIt >>>>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar