WELCOME,Daftar Bacaan,Tentang Kami, Panduan,Info,Artikel

Rabu, 07 Oktober 2015

Manajemen Kalbu bab 2

Pengamatan tentang Hati


Sallam Pembaca. 
Di postingan sebelumnya kita telah membahas sekilas bab pengamatan tentang otak kita.
Pada postingan kali ini kita akan masuk ke bab pengamatan tentang hati kita.
Bab ini sangat penting untuk di fahami. Sebab banyak persoalan manusia yang merugikan karena tak memahami atau tak bisa mengatur perasaan dari hati ini. Akibatnya banyak orang mengalami penderitaan karenanya. Padahal kalau kita tahu tentang rahasia hati ini, hampir semua masalah kita, bisa diatasi atau bahkan kejadian buruk bisa di hindari.Hati ini tempatnya rasa. hati juga yang merasakan tentang adanya diri kita,dan juga adanya insting. Rasa berasal dari berbagai macam keadaan dan berbagai unsur2.Ada rasa dari pengecap atau lidah, ada rasa yang disebabkan oleh apa yang dilihat mata,ada rasa yang disebabkan dari yang apa kita dengar. Ada rasa dari sakit nya tubuh kita dari penyakit maupun dari tindakan orang lain.Dari berbagai sebab itu hati merasakan pada tiga keadaan yang berhububgan dengan kenyamanan yaitu: nyaman, netral atau tidak nyaman. Hanya itu saja. Ujudnya bisa kelihatan berbeda,namun intinya hanya 3 keadaan tsb. Contohnya:bahagia dan tak bahagia, senang dan susah ,merasa panas dan dingin.
Kalau cuaca terlalu panas keadaan tubuh kita akan tak nyaman kalau terlalu dingin tubuh kita juga tak nyaman, yang normal dan sesuai dengan kesan2 sebelumnya dan sesuai dengan keinginan pastilah perasaan hati ini akan merasa nyaman.
Keadaan hati ini juga sangat  berhubungan dengan Emosi2.Oleh karenya peranan otak sangat penting untuk mengamati dan mengawasi keadaan hati.
Dalam segi kekuatan, hati jauh lebih kuat dari pada kekuatan yang dimiliki oleh otak. Energy kekuatan hati hampir tiada habisnya, namun kalau manusia hanya mengikuti kata hati pemikiranya sering lebih subyektip, kadang sering tidak rasional.
Rasa cinta misalnaya, walau rasanya kadang sangat indah namun kadang2 tak rasional, namun diakui bahwa cinta seperti layaknya kekuatan hati ,cintapun mempunyai kekuatan yang kadang2 tidak masuk akal. 
Untuk Orang hidup didunia ,neraka dan surga itu tempatnya di hati ini. Perasaan hati ini erat hubunganya dengan napsu2 kita….Hati akan nyaman atau bahagia kalau keinginan napsu kita terpenuhi,sebaliknya hati akan sengsara kalau keinginan kita tak terpenuhi. nyaman dan tak nyaman berhubungan erat dengan kesan2 yang pernah dialami.
Kesan2 ini tercatat diingatan kita(memory kita)  yang tesimpan di otak.
Jadi bahagia dan tidak hanyalah bagaimana kita merespon keinginan kita juga memahami kesan2 yang pernah dialami itu ,untuk keinginan yang terpenuhi maupun yang tidak terpenuhi. Andai kata kita tak punya keinginan juga kesan2, sang hati akan tenang2 saja oleh karena banyak agama mengajarkan bahwa keinginan / napsu2 itu hampir sama dengan setan. Dan setan yang terusir adalah napsu yang tak terkendalikan.
Shidarta Gautama berkata.Kesengsaraan lahir karena keinginan bahagia itu sendiri, juga karena ketidak  tahuan, sehingga manusia membanting tulang dan tenaga untuk mengejarnya,.Penderitaan segera dirasakan  ketika  keinginan2 itu tak dapat dipenuhi.

Sekian dulu para pembaca postingan kali ini , postingan selanjutnya disambung minggu depan
Sallam :Adam Gumilar H

Postingan Yang akan datang
Pengamatan tentang Napsu:
1.Mutmainah
2.Sufiyah
3.Aluamah
4.Amarah
5.Pengamatan tentang hati Nurani:
Kekuatan Cinta
Emosi2
Mengenal kelebihan dan kekurangan kita.
Lebih jauh tentang imajinasi:
Hal istimewa dalam tubuh manusia:
Berjalan tanpa beban

Postingan Yang lalu
Pengamatan tentang Otak :

Tidak ada komentar: